Kabar Terkini

Mengintip Aula Simfonia Jakarta


Aula Simfonia3

Hari ini akan menjadi hari pembuka Aula Simfonia Jakarta, sebuah aula pertunjukan baru yang disebut-sebut sebagai auditorium pertama di Jakarta yang dikhususkan bagi pentas musik klasik, khususnya musik simfonik. Jakarta boleh kembali berbangga bahwa ada pihak-pihak swasta yang begitu peduli pada perkembangan musik simfonik dan membangun auditorium tersebut.

Menampung sekitar 1000 orang ruangan ini mengambil konsep gedung klasik shoe box karena bentuknya yang persegi. Walaupun demikian, dibagian belakang dipenuhi dengan tempat duduk bertingkat/ terraced. Selain dari depan, di sisi kanan dan kiri dirancang sedemikian rupa supaya juga dapat menampung penonton.

Dipernis 100% dengan kayu, akustik di gedung ini pun cenderung lebih hangat dari kebanyakan gedung konser dan pertunjukan di Jakarta. Saat latihan kemarin, akustik terdengar jelas dan mampu mempertahankan proyeksi dengan baik. Walaupun demikian kita masih belum dapat 100% memutuskan kualitas akustik gedung ini sampai benar2 terisi oleh para penonton, karena jumlah penonton yang hadir di sana tentu sedikit banyak akan mempengaruhi gaung ruang tersebut.

Yang membuat berbeda adalah gaya arsitektur yang diambil. Ketika hampir seluruh gedung konser di dunia memilih untuk mengusung gaya modern minimalis, Aula Simfonia yang akan menggelar konser perdananya malam ini dipenuhi dengan ornamen-ornamen gaya renaisans berwarna keemasan, dan dipenuhi dengan potret-potret komponis ternama. Mungkin gaya ini mengacu pada gedung-gedung pertunjukan di Eropa dan Amerika yang dibangun sekitar 2 abad lampau seperti Musikverein Vienna, dan Symphonic Hall di Boston.

Megah dan besar, mari kita berharap gedung ini pun mampu memberikan kontribusinya bagi perkembangan seni pertunjukan di Indonesia. Karena memanage sebuah gedung konser adalah sebuah tantangan besar setelah tentunya membangun gedung yang representatif itu sendiri.

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

7 Comments on Mengintip Aula Simfonia Jakarta

  1. AMAZING!!!
    Sayang belum sempat nonton konser pertama yang diadakan disana … kalo mau dapat jadwal event disana bisa gak yahh …

    duh duh duh duh …. Keren Bangettt!!!!

  2. Tanggal 14 November ada konser lagi.
    buruan beli tketnya..

  3. 28nov jg ad kn…??,

    bisa minta peta letak dmn ASJ berada…??,

  4. pasti dateng lah!!!!!

  5. Kalo buat foto-foto buku taunan kena chas gk yahh???

  6. Halo….
    Tahu stoplist-nya si organ?

  7. GEORGE EMILE LE CERF // 9 Oktober 2010 pukul 5:47 pm //

    Two thumbs up for stephen tong , bravo to all musician who joined the jakarta symphonical orchestra. this is concert hall I dreamed since 1980
    make publications as much as possible because there are so many people who didn’t know about this concert hall specially for the people who lived outside jakarta and even outside java.
    monthly concert will be an advantage to those who don’t even know about classical music, BRAVO

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.