Kabar Terkini

Musik Bergema di Balik Jeruji


~ melihat nytimes

NYTimes)

Music in the prison (from: NYTimes)

Adalagi hal baru soal musik yang berkumandang di balik jeruji besi lembaga pemasyarakatan. Karya-karya orkes Haydn, Mozart berkumandang di dari dalam tembok tebal penjara. Dan siapa yang memainkan karya orkes ini? Para narapidana.

Tidak tertinggal pula paduan suara. Sebagai ensemble yang cukup murah karena tidak terlalu mengeruk modal untuk alat musik, paduan suara pun dipraktekkan dan diajarkan di dalam lembaga pemasyarakatan di Los Teques ini.

Dan apabila ada yang bertanya, negara mana yang mendukung program seperti ini? Lagi-lagi jawabannya adalah Venezuela, sebuah negara yang tergila-gila sekaligus paling berkomitmen dalam gebrakan seperti ini

Meskipun masih dalam taraf pilot project, sistem ini telah menuai kecintaan penghuni lembaga ini akan musik sebagai bagian dari hidup mereka. Dan diharapkan musik juga menjadi jembatan bagi para terhukum ini untuk menyelami pribadi masing-masing.

Ya, dan seperti proyek acuan mereka El Sistema (lihat tulisan tentang El Sistema dalam 3 bagian), lagi-lagi proyek ini diproyeksikan untuk didukung penuh oleh pemerintah negara Amerika Latin tersebut dan diberlakukan di lembaga pemasyarakatan negara pembentuk OPEC ini.

Setiap narapidana yang berminat, dapat mengisi waktu dengan bermusik, baik di dalam orkes maupun di dalam paduan suara. Alat-alat disediakan pemerintah dan mereka berlatih di dalam penjara. Guru-guru berpengalaman pun didatangkan untuk melatih mereka.

Memang program seperti ini pernah diangkat oleh banyak LSM di berbagai belahan dunia, tapi memang sedikit sekali negara yang mau meluangkan waktu dan budget untuk hal seperti ini. Tahun ini saja menurut NYTimes, sudah dialokasikan 3 juta dolar AS untuk program ini.

Memang musik klasik adalah musik yang mungkin dijauhi oleh para narapidana, musik yang bukan musik mereka ataupun mungkin anda dan saya. Tapi sepertinya bagi mereka yang telah tersentuh musik ini mereka sepertinya telah merasakan kegunaan dari program ini.

Chorus in women's prison

Chorus in women's prison

Sebagai catatan, Venezuela menahan banyak napi internasional, terutama yang terkait kasus peredaran narkoba. Dan orkes disalah satu penjara tersebut adalah orkes paling kosmopolitan di Venezuela dengan anggota dari berbagai negara di belahan dunia.

Efek maupun keberhasilan proyek ini masih merupakan tanda tanya besar. Tapi lagi-lagi pujian harus diberikan pada Venezuela atas keberaniannya mempraktikkan paradigma ini secara luas di masyarakat. Untuk itu mari kita tunggu buahnya tiga puluh tahun mendatang…

Picture:

About mikebm (1339 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

3 Comments on Musik Bergema di Balik Jeruji

  1. GOKIL!!! gila yah, apa yang sebenernya ada di benak para pemimpin negara itu sehingga mau melakukan terobosan besar seperti ini??

    SALUT!!

    tenkyu mike, buat tulisannya!

  2. Buset.. speechless gua bacanya..

    Kalo gw tinggal dsana trus ga punya duit, mnding buat tindak kriminal aja trus bisa blajar musik gratis, walopun dalam penjara,,,hehehehhe

  3. @rio… lo yang bener aja… mendingan kalo gak punya duit langsung ikut el sistemanya aja…. hehehehehe….

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.